Catitan Kuliah Tafsir Ustaz Ya Ali : At Taubah 111

 Intisari kuliah Magrib Malam Selasa di Masjid As Syakirin pada 28 April 2009 :

 Maksud firman Allah :

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. ( At Taubah 111)

 

 Tafsirnya:

 

Allah memberitahukan bahwa hamba-hamba-Nya yang mukmin yang telah mengorbankan jiwanya dan harta bendanya di jalan Allah, akan diberi tempat di surga sebagai ganti.

 

Berkata aI-Hasan al-Bashri dan Qatadah sehubungan de­ngan ayat ini: “Allah telah membeli dari hamba-hamba-Nya de­ngan harga yang sangat mahal.”

 

Diriwayatkan oteh Muhammad bin Ka’ab al-Quradhi, bah­wa Abdullah bin Rawahah berkata kepada Rasulullah saw. tat­kala memberikan bai’atnya kepada beliau di Aqabah, “Syarat apakah yang engkau tuntut dari padaku untuk Tuhanmu dan dirimu sendiri?”

 

 Sabda nabi saw Artinya:

 

“Syaratku bagi Tuhanku, bahwa kamu menyembah-Nya dan tidak menyekutukan sesuatu kepada-Nya, sedang bagi diriku, hendaklah kamu melindungiku sebagaimana melin­dungi dirimu dan hartamu”. Lalu bertanya para sahabat, “Imbalan apa yang· kami peroleh bila kami lakukan itu se­mua?” “Surga,” jawab Rasulullah dengan singkat, yang di­sambut oleh para sahabat, “Jual beli yang menguntungkan, tidaklah akan kami batalkan atau minta dibatalkan”.

 

 Kemudian diturunkanlah ayat 111 ini.

 

 ( Dicatit oleh As Syayuti dalam Asbabun Nuzul hadis di atas di riwayat oleh Ibn Jarir yang bersumber dari Muhammad bin Kaab al Quradli )

 

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

 

 Artinya:

 

“Allah menjamin bagi orang yang keluar untuk jalan Allah dikeluarkan untuk tujuan berjihad di jalan-Nya dan mem­percayai Rasul-Nya, bila ia mati akan dimasukkan surga atau dikembalikan ke rumahnya dengan  memperoleh pahala dan ghanimah”.

 

 

Allah berfirman, bahwa apa yang dijanjikan itu, adalah janji yang benar yang telah disuratkan dalam Taurat yang ditu­runkan kepada Musa, Injil yang diturunkan kepada Isa dan al­Quran yang diturunkan kepada Muhammad saw.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s