Seorang Muslim Kah Abu Thalib ?

Seorang Muslim Kah Abu Thalib ?[i]

Tidak sedikit dari buku sejarah Islam, terutama yang berhaluan Syiah – yang menyebutkan bahwa Abu Thalib; paman Rasulullah صلي الله عليه و سلم meninggal dunia dalam keadaan muslim. Padahal semua riwayat seputar masuk Islam-nya Abu Thalib, derajatnya lemah. Tak satu pun yang shahih. Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah berkata: “Aku telah membaca sebuah kitab hadith dari kalangan Syiah rafidhah, di dalamnya banyak dimuat hadith-hadith lemah seputar masuk Islam-nya Abu Thalib, tak satu pun yang shahih, wabillahit taufiq. Dan aku telah meringkasnya dalam kitab “Al-Ishabah”, pada biografi Abu Thalib.” (“Fathul Baari”, juz 7, hal.234).

Lebih dari itu, semua hadith shahih seputar kesudahan hidup Abu Thalib menunjukkan bahwa dia meninggal dunia dalam keadaan kafir. Di antaranya adalah apa yang terdapat dalam kitab “Shahih Al-Bukhari” no.3884:
“… Hingga saat menjelang kematiannya, kata terakhir yang diucapkan Abu Thalib kepada mereka (Abu Jahl dan Abdullah bin Abi Umayyah) adalah: ‘(aku) di atas agama Abdul Muththalib (penyembah berhala)’.” [ii]

Demikian pula secara lebih tegas disebutkan dalam kitab “Shahih Muslim” no. 39:

“… Dia (Abu Thalib berada di atas agama Abdul Muththalib (penyembah berhala) dan tidak mau mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallaah.”


[i] Di petik dari  http://www.islamarticles.net/

[ii] Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah berkata: “Di antara sesuatu yang aneh tapi nyata adalah bahwa paman Nabi صلي الله عليه و سلم yang mendapati masa ke-Islam-an ada empat orang; dua orang tidak masuk Islam dan yang dua lagi masuk Islam. Nama dua orang yang tidak masuk Islam tersebut bukan lah nama muslim; yaitu Abu Thalib yang namanya Abdu Manaf dan Abu Lahab yang namanya Abdul ‘Uzza. Hal ini berbeda dengan nama dua orang paman Rasul صلي الله عليه و سلم yang masuk Islam (nama asli mereka, nama muslim); yaitu Hamzah رضي الله عنه dan Al-Abbas رضي الله عنه. (“Fathul Bari” juz 7, hal.236)

Baca juga tulisan saya mengenai tajuk ini di

https://aburedza.wordpress.com/2009/05/06/abu-thalib-bin-abdul-mutalib-mukmin-atau-kafir/

One thought on “Seorang Muslim Kah Abu Thalib ?

  1. Pingback: Ulama Besar Syiah: Abu Thalib Tidak Meninggal Sebagai Mukmin! « Aburedza

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s